Selasa, 23 Juni 2015

Sekedar Introduksi Tulisan Kolom Religi



        Sudah lama sebetulnya saya mau membuat tulisan-tulisan yang berbau dengan agama, khususnya agama islam. Keresahan ini muncul ketika saya memasuki dunia kampus dengan status saya sebagai santri. Mungkin lebih tepatnya saya disebut “mantan santri” karena memang saat ini saya tidak lagi menjadi santri. Akan tetapi bagi saya identitas santri itu tidak begitu saja mudah terlepas dari diri saya karena sejujurnya walaupun katakanlah hanya 6 tahun saya hidup nyantri dan bukan benar-benar pesantren tradisional tapi budaya-budaya itu masih tetap membayangi saya dalam beberapa tindakan-tindakan saya.

           Kemudian, saya pun melihat adanya semangat yang begitu luar biasa dari kawan-kawan aktivis dakwah kampus (ADK) dalam belajar dan mengajarkan islam. Awalnya saya menahan diri dari tulisan-tulisan yang berbau agama. Saya berpikir bahwasanya urusan-urusan agama bukanlah kapasitas saya untuk membahasnya. Akan tetapi, mengingat firman Allah yang mewajibkan kita untuk berdakwah seperti yang terdapat dalam surah An Nahl ayat 125:

" Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk."

        Saya tertegun untuk melaksanakan kewajiban ini walaupun diri saya bukan orang yang benar-benar paham secara komprehensif tentang agama islam sebab sedikitnya ilmu yang saya punya. Setidaknya saya mencoba berdakwah sambil berusaha terus untuk memperbaiki diri saya. Bukankah pada hakikatnya memang manusia tempat salah dan dosa? Akan tetapi, Allah menilai sejauh apa upaya si hamba untuk terus menerus memperbaiki diri dan mencari hidayahnya menuju jalan yang diridhoi.

Tidak ada komentar

Posting Komentar

© BUKAMATA
Maira Gall